Ganti Tampilan

MENGATASI VIRUS KOMPUTER

Kebanyakan pengguna komputer sering bertanya cara biar Komputer tidak terkena Virus komputer, karena virus membuat komputer mereka menjadi tidak seperti yang diinginkan.
Virus dibuat dengan menggunakan Bahasa pemprograman untuk menjaili komputer yang dimasukinya, dengan memanfaatkan Kelemahan System yang kita gunakan sang virus beraksi sesuka hatinya tidak kenal ampun. Emang iya, tidak kenal ampun??? Itu karena Virus bukan manusia.
Masukknya virus ke komputer melalui banyak cara, Bisa Lewat USB Flash Disk, Memory Card, Koneksi Internet, Jaringan, dan akan terus berkembang, tidak dapat kita duga.
Bermain-main dengan virus merupakan hal yang menyenangkan bagi para penggemar virus maupun pembuatnya, namun sebaliknya jika kita masih sedikit pemahamannya soal Komputer terutama Virus, akan seperti dikuasai oleh sebuah mesin. Namun tidak ada yang tidak bisa dilakukan didunia ini, selama kita masih punya kemauan. Rasanya seperti terbang kelangit, jika kita bisa mengalahkan Virus di komputer.
Terbang kelangit??? Ketinggian kali ya.......
Bagi kita yang kurang pengetahuaanya soal komputer, bukan berarti tidak bisa mengatasi virus dikomputer, ikuti aja cara-cara dibawa ini :

Cara pertama :
Mengatasi Virus Masuk Kekomputer dengan mematikan System Autoplay
Kebanyakan virus yang menjangkit lewat media penyimpanan data seperti Flash & Memory Card menggunakan system Autorun, maksudnya dia akan berjalan secara otomatis ketika komputer dicolokkan ke komputer, Untuk itu matikan System Autoplaynya, Caranya :
1. Ketikkan di kotak RUN gpedit.msc kemudian enter
2. Pada Configuration Computer Pilih Administrative Templates
3. Masuk ke System
4. Cari item dengan Nama Turn Off Aoutoplay
5. klik dua kali kemudian ganti statusnya menjadi enable dan pilih Turn Off Autoplay
on : All Drives
6. Ok
7. Lakukan hal yang sama pada User Configuration

Cara Kedua :
Banyak di temukan di USB Flash Disk yang sudah terjangkit virus komputer bahwa ada dua File yang dibuat oleh sang virus di USB Flash yaitu file autorun.inf yang hanya sebagai pendukung virus dan File nama_Virus.exe yang akan dijalankan oleh autorun, kedua file ini memang tidak terlihat jika kita tidak memunculkan pilih Show Hiden, itu karena File ini dihiden, Untuk itu saran saya munculkan pilihan show hiden file & folder pada tab tool dengan cara :
1. Pilih menu Tool pada Explorer dan Pilih Folder Option
2. Kemudian Pilih tab View
3. Kemudian Aktifkan Show hidden file & Folder
4. Hilangkan centang pada Hide extencsions for know file type dan Hide Protected
Operating System File
5. Ok
6. Jika terlihat kedua file Virus maka hapus aja secara manual kalo bisa gunakan
program Unlocker
Selain cara diatas anda juga bisa menggunakan cara ini :
1. Masuk Ke CMD
2. Ketikkan perintah untuk masuk ke Drive Flash anda misalnya drive G maka,
ketikkan G:
3. Kemudian ketikkan perintah untuk melihat file & folder yang tersebunyi,
ketikkan dir /ah
4. Ketikkan perintah attrib -s -h -a -r autorun.inf Jika terlihat file autorun.inf
& file nama_virus.exe
5. Kemudian langsung aja menghapus filenya dengan menggunakan perintah del
autorun.inf
6. Ketikkan juga attrib -s -h -a -r nama_virus.exe
7. Kemudian hapus menggunakan perintah del nama_virus.exe
8. Lihat aja file Virus sudah terhapus atau belum kalau belum coba lagi

Cara ketika :
Hampir semua Virus, sasaran utamanya adalah Regystri itu sebabnya kenapa virus sering mengunci Registry. Banyaknya regystri yang dirubah virus mulai dari membuat biar virus bisa jalan saat komputer dijalankan sampai mengubah setingan-setingan lain untuk mematikan System. Jika hal ini telah terjadi maka kita juga harus bisa mematikan Virusnya dengan menghapus Regystri2 yang telah dibuat virus namun sebelumnya harus dihapus dulu File induk Virusnya dengan menggunakan AntiVirus. Setelah itu kita bisa menggunakan Program TuneUp untuk mencari regystri yang telah dibuat oleh virus dan kemudian merubahnya. Biar tidak salah dalam menghapus regystri cari tahu dulu artikel Virus di internet.

Cara Keempat :
Cara yang keempat coba gunakan anti virus dan selalu ter UPDATE.
Untuk itu ada Beberapa Anti Virus yang saya usulkan, diantaranya :
PC-MEDIA : Anti virus lokal ini merupakan salah satu anti virus yang saya sarankan mengapa?
karena PC-MEDIA selain gratis, kecil ukurannya dan tidak harus diinstal, anti virus ini juga menyediakan layanan untuk mengirim sampel virus yang belum dikenali oleh PCMAV sebelumnya untuk dianalisa dan akan dikirim updatennya dan disebarkan untuk didownload di internet.
Avast : Anti virus yang satu ini selain memiliki kemampuan dalam menghapus virus dia juga menyediakan skin untuk yang tertarik sama penampilan-penampilan. Antivirus ini juga bisa di update di sini.
NORMAN : Anti virus terbaik tahun 2007 ini yang memiliki cabang di vaksin.com memiliki kelebihan dari anti virus yang lain sama seperti anti virus avast. Anda juga bisa menggunakan anti virus pilihan anda yang lain yang penting harus selalu diUPDATE.

Cara Kelima :
Jika cara-cara diatas juga belum bisa mengatasi masalah, anda bisa menggunakan Depfreeze dan saya jamin komputer anda akan aman dari Virus. Deepfreze adalah program yang fungsinya membekukan hard disk kita, jadi tidak ada virus yang bisa masuk karena walaupun virus masuk pada saat komputer hidup namun pada saat
komputer direstar maka system akan dikembalikan ke semula pada saat diinstal. Sebelum anda menginstal Depfreeze saran saya system bersih dari virus dan semua program telah terinstal karena anda tidak akan bisa menginstalnya lagi kecuali anda menonaktifkannya caranya tekan ctrl + alt + shift + F6 kemudian pilih Thawed Frozen untuk menonaktifkan dan Frozen untuk menonaktifkan.

Link Download
Download PCMAV
Download Avast Versi Free
Download NORMAN Free
Download DeepFreeze
Semoga Bermanfaat

0 komentar on MENGATASI VIRUS KOMPUTER :

Posting Komentar